aaa

Berusaha yang TERBAIK

Senin, 08 Oktober 2012

PEREKRUTAN SDM


Dalam dunia bisnis dan usaha dikenal suatu istilah yang disebut Kewirausahaan. Kewirausahaan itu sendiri merupakan proses mengkreasikan sesuatu dengan menambah nilai yang didukung komitmen pada tim dan usaha, memperkirakan kemungkinan financial, fisik dan resiko social dan menerima hasil berupa financial, kepuasan, dan kebebasan pribadi.

Sama seperti pada ruang lingkup bisnis dan usaha lainnya, pada kewirausahaan juga dibutuhkan satu aspek yang merupakan aspek yang paling penting, yaitu SDM (Sumber Daya Manusia). Karena sebenarnya peranan kewirausahaan dalam perkembangan ekonomi tidak hanya sekedar meningkatkan pendapatan, tetapi juga memicu dan mendukung perubahan struktur masyarakat dan bisnis. Oleh karena itu SDM tersebut sangat dibutuhkan didalam dunia kewirausahaan, bahkan tidak jarang suatu wirausaha mendapatkan SDM tersebut dari lingkungan masyarakat sekitar.

Didalam kewirausahaan juga diperlukan perencanaan, tentunya didalam perekrutan tenaga kerja atau SDM tersebut. Karena perencanaan SDM ini adalah suatu aspek penting dan fundamental untuk manajemen sumber daya manusia strategik. Sebab Perencanaan membantu upaya pengembangan suatu pendekatan proaktif untuk manajemen dan pengintegrasian SDM dengan level perencanaan strategic perusahaan. Rencana SDM hendaknya secara penuh terintegrasi dengan keseluruhan rencana strategis perusahaan, khususnya tujuan pertumbuhan peusahaan. Pengaruh faktor, seperti ekonomi, teknologi, dan pasar kerja hendaknya dikonsederasikan ketika membuat rencana SDM.
Suatu wirausaha juga dapat melakukan suatu tanggung jawab social, yaitu diantaranya seperti yang sudah saya utarakan diatas, dengan melakukan perekrutan tenaga kerja dari SDM yang berada di lingkungan sekitarnya. Dengan cara ini wirausaha tersebut telah menciptakan lapangan kerja bagi lingkungan masyarakat sekitarnya.
Contoh sederhana, misalnya pada suatu desa terdapat sesorang yang melakukan usaha kerajinan tangan. Dalam hal ini dia telah menciptakan suatu wirausaha dalam bidang kerajinan tangan. Tentunya didalam bidang kerajinan tangan tersebut membutuhkan tenaga kerja dengan jumlah yang cukup banyak guna membantu menyelesaikan segala kerajinan tangan yang akan dibuat oleh usaha tersebut. Dalam hal ini wirausahawan tersebut dapat melakukan perekrutan tenaga kerja dari SDM yang berada di lingkungan desanya. Dia tidak perlu susah payah mencari SDM dari lingkungan desa lain yang mungkin lebih jauh. Dengan cara tersebut, sang wirausahawan telah melakukan suatu tanggung jawab social yaitu dengan melakukan perekrutan tenaga kerja dari SDM di sekitar lingkungan desanya.


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar