Lanjutan....
Sebuah permainan yang baik memerlukan desain yang
baik, seni yang baik, pemrograman yang baik, dan efek suara yang baik dan
musik. Ada sedikit orang di sekitar yang dapat melakukan semua hal
ini. Bahkan jika kita berpikir kita bisa, berpikirlah lagi. Ada kemungkinan
besar bahwa ada orang lain di sekitar yang lebih baik dalam satu atau lebih
dari aspek - aspek ini. Jadi jika kita bekerja sama dengan mereka
permainan kita akan lebih baik. Dan kita harus membuat permainan sebaik
mungkin untuk sukses. Menemukan teman - teman yang baik tidak
mudah. Jika kita berada di lingkungan di mana ada banyak pengembang game
atau siswa, kita dapat meminta bantuan sekitar.
Game terdiri dari berbagai unsur – unsur yang
akan menentukan apakah sebuah game akan dianggap menarik atau membosankan.
Unsur – unsurnya bisa terdiri dari gameplay, tokoh atau karakter yang kuat,
genre yang populer, graphic yang indah, ataupun music dan sound effect yang
menggelegar. Serta alur cerita yang kuat. Setiap
unsur yang satu dengan unsur yang lainnya memiliki keterkaitan. Misalnya jika
memiliki storyline yang bagus tapi character jelek maka gamer jika sudah
menamatkan game tersebut tidak akan memainkannya lagi. Begitu juga jika
memiliki character yang bagus tetapi storyline-nya mudah ditebak / stroyline-nya
sangat cepat maka gamer juga tidak akan memainkan game tersebut.
W Gameplay
yang harus menarik.
Contohnya Max Payne sebenarnya Cuma 3rd person
shooter biasa, tetapi di gameplay-nya ada tambahan Bullet Time yang membuat
pemain tertarik untuk mencoba. Game yang addiktif, tidak membosankan dan banyak
yang dapat di lakukan. atau variatif merupakan inti dari sebuah
"game" di sebut game karena ada gameplay nya. kalo tidak ada
gameplay, berarti orang akan mengira itu sebuah movie. Variatif dalam artian,
selalu ada yang baru dan tidak mempertahan system yang monoton.
W Control. Game yang
punya control yang enak akan mendukung kenyamanan si pemain. Semakin responsif
total controlnya, semakin menarik gamenya. Game dengan semua kelebihan tetapi
ketika si pemain ingin karakternya lompat pada saat itu juga tetapi malah
melompat pada detik berikutnya, Cuma membuat pemain frustasi. IPhone dan Android tidak memiliki tombol. Dan
layar relatif kecil. Cara utama di mana pemain mengontrol permainan ini adalah
dengan mengklik pada lokasi di layar. Bagaimanapun, karena ukuran layar
dan kenyataan bahwa ketika kita tekan dengan jari besar, mengklik sangat tidak
tepat. Yang terbaik yang dapat kita lakukan mungkin grid sel 8x12. Jadi kita
dapat membedakan antara sekitar 8 posisi horisontal dan vertikal 12. Memiliki
sedikit tombol atau kontrol lain, biasanya ide yang baik karena antarmuka
menjadi sederhana dan membuat lebih mudah untuk bermain game.
W Storyline. Merupakan jalan cerita yang mendasari game tersebut. Akan lebih
menarik jika sebuah game memiliki cerita sehingga akan memberikan alasan bagi
pemain untuk memainkannya. Biasanya seorang gamer akan merasa tertantang untuk
memainkan game tersebut secara terus menerus jika memiliki storyline yang tidak
mudah ditebak. Contoh game yang memiliki storyline yang baik adalah Grand Thief
Auto atau biasa disebut GTA. Di game ini kita sendiri yang menentukan apa yang
akan terjadi pada tokoh utama. Ini membuat pemain akan semakin tertantang untuk
memainkan game ini.
W Graphic. Graphic adalah
'kuilt luar' dari semua game, hal ini gak bisa dibantah.... sebelum gameplay
maupun cerita, gamer ataupun non gamer manapun akan melihat game dari graphic
terlebih dahulu.... dan graphic bagus juga bisa menstimulasi keinginan bermain
game.
W Level Design.
Level yang
dibuat harus beimbang antara kesulitan dan kemudahan-nya.pemain harus dibuat
merasa tertantang tanpa dibuat frustasi.
W Music and
sound. Membantu
menciptakan suasana yang mendukung bagi game. Suara dan musik sering tidak mendapatkan perhatian yang layak dalam
permainan game. Di sisi lain, banyak gamer yang bermain game yang ada di
perangkat mobile pada saat banyak orang sehingga
tidak mungkin untuk mengaktifkan musik atau semua efek suara dari game tersebut. Jadi
musik dan sound tidak terlalu diperhatikan oleh banyak pemain. Tapi music
dan sound ini penting untuk menempatkan setidaknya beberapa pengaruh untuk
membuatnya efektif. Gunakan gaya yang konsisten untuk efek suara dan musik
latar belakang yang mudah untuk diingat / easy listening.
W Menu dan Navigasi.
W Character. Merupakan salah satu unsur yang penting yang harus dimiliki suatu game. Seorang gamer
dapat merasa tidak bosan memainkan game jika terdapat karakter yang unik.
Misalnya seperti jika kita memainkan game Dota, pada game ini memiliki karakter
yang setiap karakter ini memiliki skill tersendiri, yang berbeda dari karakter
yang satu dengan karakter yang lainnya. Sehingga gamer akan ingin mencoba
setiap karakter yang terdapat pada dota.
W Type Writer. Merupakan unsur lain yang membuat game itu menarik. Type writer
yang dimaksud adalah penulisan kata - kata / dialog yang akan muncul pada
sebuah game. Jika sebuah huruf yang muncul tidak sinkron / pas dengan game maka
ini akan membuat gamer tidak nyaman dalam memainkan game tersebut. Misalnya
suatu game PC, menggunakan type font yang tulisannya disambung seperti font ini
‘type writer’ maka gamer akan merasa tidak nyaman untuk membaca tulisan
tersebut. Berbeda dengan font ini ‘type writer’ maka gamer dapat membacanya
dengan mudah dan nyaman. Permainan biasanya berisi beberapa teks,
meskipun kita harus mencoba untuk tidak berlebihan memberikan teks.
W Programmer. Merupakan orang yang akan meramu / menggabungkan unsur - unsur storyline, character,
dan type writer menjadi sebuah game. Jadi dapat dikatakan sebuah game yang
menarik tidak harus memiliki programmer yang handal. Tapi programmer yang handal
juga diperlukan untuk menangani masalah-masalah yang harus diselesaikan dalam
waktu yang cepat. Misalnya jika game tersebut memiliki bug dan harus dispatch
dalam waktu yang cepat maka diperlukan programmer yang handal untuk
mengerjakannya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar