aaa

Berusaha yang TERBAIK

Sabtu, 07 April 2012

Unsur pendukung suatu GAME


Lanjutan....

Sebuah permainan yang baik memerlukan desain yang baik, seni yang baik, pemrograman yang baik, dan efek suara yang baik dan musik. Ada sedikit orang di sekitar yang dapat melakukan semua hal ini. Bahkan jika kita berpikir kita bisa, berpikirlah lagi. Ada kemungkinan besar bahwa ada orang lain di sekitar yang lebih baik dalam satu atau lebih dari aspek - aspek ini. Jadi jika kita bekerja sama dengan mereka permainan kita akan lebih baik. Dan kita harus membuat permainan sebaik mungkin untuk sukses. Menemukan teman - teman yang baik tidak mudah. Jika kita berada di lingkungan di mana ada banyak pengembang game atau siswa, kita dapat meminta bantuan sekitar.   
Game terdiri dari berbagai unsur – unsur yang akan menentukan apakah sebuah game akan dianggap menarik atau membosankan. Unsur – unsurnya bisa terdiri dari gameplay, tokoh atau karakter yang kuat, genre yang populer, graphic yang indah, ataupun music dan sound effect yang menggelegar. Serta alur cerita yang kuat. Setiap unsur yang satu dengan unsur yang lainnya memiliki keterkaitan. Misalnya jika memiliki storyline yang bagus tapi character jelek maka gamer jika sudah menamatkan game tersebut tidak akan memainkannya lagi. Begitu juga jika memiliki character yang bagus tetapi storyline-nya mudah ditebak / stroyline-nya sangat cepat maka gamer juga tidak akan memainkan game tersebut.

W      Gameplay yang harus menarik. 
Contohnya Max Payne sebenarnya Cuma 3rd person shooter biasa, tetapi di gameplay-nya ada tambahan Bullet Time yang membuat pemain tertarik untuk mencoba. Game yang addiktif, tidak membosankan dan banyak yang dapat di lakukan. atau variatif merupakan inti dari sebuah "game" di sebut game karena ada gameplay nya. kalo tidak ada gameplay, berarti orang akan mengira itu sebuah movie. Variatif dalam artian, selalu ada yang baru dan tidak mempertahan system yang monoton.


W   Control. Game yang punya control yang enak akan mendukung kenyamanan si pemain. Semakin responsif total controlnya, semakin menarik gamenya. Game dengan semua kelebihan tetapi ketika si pemain ingin karakternya lompat pada saat itu juga tetapi malah melompat pada detik berikutnya, Cuma membuat pemain frustasi. IPhone dan Android tidak memiliki tombol. Dan layar relatif kecil. Cara utama di mana pemain mengontrol permainan ini adalah dengan mengklik pada lokasi di layar. Bagaimanapun, karena ukuran layar dan kenyataan bahwa ketika kita tekan dengan jari besar, mengklik sangat tidak tepat. Yang terbaik yang dapat kita lakukan mungkin grid sel 8x12. Jadi kita dapat membedakan antara sekitar 8 posisi horisontal dan vertikal 12. Memiliki sedikit tombol atau kontrol lain, biasanya ide yang baik karena antarmuka menjadi sederhana dan membuat lebih mudah untuk bermain game.


W      Storyline. Merupakan jalan cerita yang mendasari game tersebut. Akan lebih menarik jika sebuah game memiliki cerita sehingga akan memberikan alasan bagi pemain untuk memainkannya. Biasanya seorang gamer akan merasa tertantang untuk memainkan game tersebut secara terus menerus jika memiliki storyline yang tidak mudah ditebak. Contoh game yang memiliki storyline yang baik adalah Grand Thief Auto atau biasa disebut GTA. Di game ini kita sendiri yang menentukan apa yang akan terjadi pada tokoh utama. Ini membuat pemain akan semakin tertantang untuk memainkan game ini.


W     Graphic. Graphic adalah 'kuilt luar' dari semua game, hal ini gak bisa dibantah.... sebelum gameplay maupun cerita, gamer ataupun non gamer manapun akan melihat game dari graphic terlebih dahulu.... dan graphic bagus juga bisa menstimulasi keinginan bermain game.
W  Level Design. Level yang dibuat harus beimbang antara kesulitan dan kemudahan-nya.pemain harus dibuat merasa tertantang tanpa dibuat frustasi.
W   Music and sound.  Membantu menciptakan suasana yang mendukung bagi game. Suara dan musik sering tidak mendapatkan perhatian yang layak dalam permainan game. Di sisi lain, banyak gamer yang bermain game yang ada di perangkat mobile pada saat banyak orang  sehingga tidak mungkin untuk mengaktifkan musik atau semua efek suara dari game tersebut. Jadi musik dan sound tidak terlalu diperhatikan oleh banyak pemain. Tapi music dan sound ini penting untuk menempatkan setidaknya beberapa pengaruh untuk membuatnya efektif. Gunakan gaya yang konsisten untuk efek suara dan musik latar belakang yang mudah untuk diingat / easy listening. 
W      Menu dan Navigasi.
W  Character. Merupakan salah satu unsur yang penting yang harus dimiliki suatu game. Seorang gamer dapat merasa tidak bosan memainkan game jika terdapat karakter yang unik. Misalnya seperti jika kita memainkan game Dota, pada game ini memiliki karakter yang setiap karakter ini memiliki skill tersendiri, yang berbeda dari karakter yang satu dengan karakter yang lainnya. Sehingga gamer akan ingin mencoba setiap karakter yang terdapat pada dota.

W  Type Writer. Merupakan unsur lain yang membuat game itu menarik. Type writer yang dimaksud adalah penulisan kata - kata / dialog yang akan muncul pada sebuah game. Jika sebuah huruf yang muncul tidak sinkron / pas dengan game maka ini akan membuat gamer tidak nyaman dalam memainkan game tersebut. Misalnya suatu game PC, menggunakan type font yang tulisannya disambung seperti font ini ‘type writer’ maka gamer akan merasa tidak nyaman untuk membaca tulisan tersebut. Berbeda dengan font ini ‘type writer’ maka gamer dapat membacanya dengan mudah dan nyaman. Permainan biasanya berisi beberapa teks, meskipun kita harus mencoba untuk tidak berlebihan memberikan teks. 

W   Programmer. Merupakan orang yang akan meramu / menggabungkan unsur - unsur storyline, character, dan type writer menjadi sebuah game. Jadi dapat dikatakan sebuah game yang menarik tidak harus memiliki programmer yang handal. Tapi programmer yang handal juga diperlukan untuk menangani masalah-masalah yang harus diselesaikan dalam waktu yang cepat. Misalnya jika game tersebut memiliki bug dan harus dispatch dalam waktu yang cepat maka diperlukan programmer yang handal untuk mengerjakannya.


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar