aaa

Berusaha yang TERBAIK

Rabu, 27 Oktober 2010

ON THE NET


ON THE NET
                Internet telah mewakili gagasan perubahan dan kebaruan dalam budaya kontemporer, lebih dari teknologi media baru lainnya.  Semuanya telah meresap dan mempengaruhi normalisasi dalam hidup kita. Internet dan world wide web sebagai fenomena teknik sosial yang tidak terpisahkan untuk memahami seluk beluk dari new media. Teknik sosial ini dimaksudkan sebagai percampuran kompleks dari masyarakat dan teknologi. Jadi objek seperti komputer harus dilihat sebagai produk. Internet (interconnected-networking) merupakan rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

              Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.
                Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
                Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-goverment di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
                Internet dianggap terbaik sebagai jaringan, interkoneksi global komputer dan perangkat komputasi lain seperti personal digital assistant (PDA), telepon, dan sebagainya. Pada akhir 1960-an, berbagai eksperimen dalam komunikasi jaringan sering dilakukan untuk menemukan teknologi baru dalam perhitungan dan telekomunikasi, seperti ARPANET .
                Namun internet tidak hanya sebagai komputer dan saluran telepon, tapi juga sebagai perangkat lunak, khususnya protokol (TCP, FTP, HTTP dan IP) yang memungkinkan data dapat diterima di sepanjang jaringan dari node ke node, yang akan ‘dikirim’ dan ‘diterima’ di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat serta dengan cara yang benar pula.
Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dari antar sesama melalui :
Ø  berbasis teksseperti email atau 'chatting' forum-forum seperti MSN, menggunakan audio, baik melalui voice over IP telepon (seperti Skype) atau melalui file suara (pesan direkam).
Ø  Audiovisual,  seperti melalui Webcam. Hal ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima informasi dalam berbagai format, termasuk teks, gambar diam dan bergerak, dan suara. Hal ini dapat digunakan untuk membeli dan menjual sesuatu, untuk mencari teman baru atau kekasih, untuk mengetahui tentang apa pun, untuk memberitahu orang lain tentang diri Anda dan dunia Anda.
                Pengguna sekarang telah menjadi sangat canggih dalam cara menggunakan semua Internet yang ditawarkan, pengguna baru terus berputar keluar masuk sepanjang waktu. Beberapa manfaat ini adalah preset atau dikonfigurasi ke Internet atau perusahaan cabang. Email pada awalnya dilihat sebagai  sebuah add-on untuk pekerjaan utama Internet, yang berbagi akses ke komputer untuk membuat lebih efisien penggunaan pemrosesan, namun email telah menjadi media komunikasi hampir di mana-mana.
                Internet juga merupakan suatu imajinatif, bahkan imajiner ruang, penuh dengan ide – ide dan pengalaman, ketakutan, dan kegembiraan, banalitas dan bertanya – Tanya. Tapi itu adalah adil untuk mengatakan bahwa pengguna biasa terhubung dengan internet di layar, melalui sebuah antarmuka terutama World Wide Web.
                Web dikembangkan oleh Tim Berners-Lee. Web adalah cara mengelola konten di internet, berdasarkan protokol bersama dan standar. Ini berarti bahwa semua jenis bahan yang tersedia, dapat disimpan dan diakses dari semua jenis komputer berkat penggunaan bahasa komputer umum, Hypertext Markup Language (HTML). Jadi World Wide Web merupakan cara mengakses kunci, mengelola, dan menghubungkan informasi produsen ke konsumen melalui internet. Sementara ada penggunaan signifikan lain dari internet, terutama email, sebagian besar waktu yang kita gunakan untuk mengakses World Wide Web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar