aaa

Berusaha yang TERBAIK

Kamis, 14 April 2011

PERENCANAAN DAN PERANCANGAN WEBSITE


PERENCANAAN DAN PERANCANGAN WEBSITE

Perencanaan Web

            Perencanaan untuk membuat web agar menjadi jauh lebih mudah untuk mencapai seragam tampilan dan nuansa situs web yang dibuat - membuatnya menjadi ramah dan lebih mudah digunakan. Dasar-dasar desain website yang dilakukan adalah apa yang difokuskan dalam membuat website, pilihan – pilihan yang harus dipertimbangkan, dan apa pilihan yang harus dipilih untuk menghindari perangkap.
            
            Pertimbangan utama yang harus disiapkan dalam membuat website adalah menentukan apa yang akan kita coba katakan. Semakin jelas tentang pesan kita, semakin terfokus situs web yang akan dibuat. Dengan hal itu, kita akan menemukan tujuan dari pembuatan situs web ini. Dan tidak dapat dilupakan untuk mentargetkan audiens atau penonton atau pengunjung web yang telah kita buat. Misalnya, Adobe Edge newsletter bulanan (www.adobe.com/newsletters/edge/). The Edge adalah contoh situs yang sangat baik yang benar-benar berada ke arah target. Target yang dimaksud terdiri dari Dreamweaver profesional web developer dan desainer. Oleh karena itu, situs ini keren tapi informatif, dan diisi dengan contoh-contoh menarik, mutakhir dalam teknik pemrograman.
             
            Situs web pun tidak diciptakan dalam ruang hampa, jadi seorang designer web profesional akan terbiasa bekerja dalam anggaran. Anggaran yang dimiliki adalah anggaran moneter, sebuah kombinasi waktu pembangunan (untuk perancangan dan programer), bahan (kustom grafis, stok foto, dan sejenisnya), dan pemeliharaan. Kita dapat membangun situs yang besar dengan banyak halaman yang menarik secara dinamis dari database internal dan membutuhkan sangat sedikit tangan-on pemeliharaan. Atau, kita dapat membuat situs kecil, grafik - situs intensif yang harus diperbarui setiap mingguan. Sangat mungkin bahwa kedua situs memiliki biaya yang sama. Anggaran lain yang berlaku adalah terdapat pada jumlah waktu yang mampu kita keluarkan untuk proyek tertentu. Web designer profesional cepat menyadari bahwa waktu adalah komoditas penting. Sumber daya yang dibutuhkan ketika melakukan sebuah karya untuk kita sendiri ketika kita tidak memiliki tenggang waktu yang sangat berbeda dari yang dibutuhkan bila kita menandatangani kontrak pada 30 Juni untuk pekerjaan yang harus siap diluncurkan pada 4 Juli. Anggaran lain yang harus dipertimbangkan adalah bandwidth. Web, dengan koneksi internet lebih cepat dan peningkatan infrastruktur, perlahan-lahan menanggalkan citra sebagai World Wide Tunggu. Namun, banyak pengguna masih terjebak dengan modem yang lambat, yang berarti bahwa webmaster harus menjaga mata tetap pada halaman berat dalam waktu yang lama yang dibutuhkan untuk men-download di bawah harga modem paling khas. Tentu saja, kita selalu dapat memutuskan untuk memastikan bahwa video animasi karya yang memakan waktu 8 menit untuk download pada kabel modem - kita tidak bisa mengharapkan semua orang menunggu untuk melihatnya.
             
             Dalam membuat desain web, banyak profesional Web meminjam teknik yang digunakan secara ekstensif dalam mengembangkan pemasaran massa lainnya dalam bentuk storyboard. Storyboard untuk Web diagram pertama memerlukan berbagai halaman di situs kita yang sangat mirip dengan storyboard yang lebih tradisional dalam video atau film  dan kemudian rincian sambungan untuk halaman yang terpisah untuk membentuk keseluruhan situs.
            Sebelum ke World Wide Web, sebagian besar format media yang linear yaitu, satu gambar atau halaman diikuti dengan yang lain dalam urutan yang tidak dapat diubah. Sebaliknya, Web dan kepribadian interaktif memungkinkan pengguna untuk melompat dari topik ke topik. Namun demikian, kita masih dapat menggunakan pendekatan linear sebuah situs web dan memiliki satu halaman muncul setelah halaman yang lain, seperti buku multimedia.
Model navigasi linear bekerja dengan baik untuk pelatihan berbasis komputer aplikasi dan ekspositoris skenario lain di mana kita ingin mengontrol erat pengalaman pemirsa. Beberapa desainer Web menggunakan gaya linear pintu masuk atau keluar dari situs utama mereka, terhubung ke model navigasi bertingkat. Dengan dynamic HTML, kita dapat mencapai efek yang bergerak melalui beberapa halaman dalam satu halaman melalui layering.
            Model navigasi hirarkis muncul dari atas ke bawah desain. Ini mulai dengan satu konsep kunci yang menjadi halaman rumah kita. Dari halaman muka, pengguna cabang ke beberapa halaman utama, jika diperlukan, halaman utama ini dapat gilirannya, bercabang menjadi banyak halaman terpisah. Website hierarkis paling dikenal untuk menjaga rasa pengunjung tempat di situs. Beberapa web designer bahkan menggambarkan struktur treelike sebagai perangkat navigasi dan mencakup setiap cabang berpergian sebagai link. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk dengan cepat menelusuri kembali langkah-langkah mereka, cabang dengan cabang, untuk menyelidiki rute yang berbeda.
            Mengingat Web struktur hyperlink yang fleksibel, yang berbicara dan model navigasi hub bekerja sangat baik. Hub adalah situs alami home page. Jeruji proyeksi dari pusat terhubung ke semua halaman utama situs. Tata letak ini memungkinkan akses cepat ke halaman tombol apa hanya dalam dua lompatan - satu melompat selalu mengarah kembali ke hub / home page dan satu melompat terdepan dalam arah yang baru. Kelemahan utama untuk berbicara dan struktur hub yang diperlukan kembali ke halaman muka. Banyak web designer menyiasati keterbatasan ini dengan menggunakan bingkai untuk membuat pertama melompat dari hub ke halaman Web; cara ini, bar navigasi selalu tersedia. Desain ini juga memungkinkan pengunjung yang menggunakan browser nonframes berkemampuan untuk mengambil jalan yang berbeda.
            Pendekatan terstruktur yang paling tampak untuk sebuah situs web adalah keuntungan dari kemampuan Web's hyperlink. Desain ini memungkinkan hampir setiap halaman untuk menyambung ke setiap halaman. Desain web penuh bekerja dengan baik untuk situs yang eksplorasi topik tertentu karena pendekatan pengalaman mendorong pengunjung situs sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri, tidak didasarkan pada pengertian tentang salah satu desainer. Bahaya dalam penggunaan Web secara penuh untuk desain situs Anda adalah pengunjung dapat benar-benar tersesat. Sebagai pintu keluar darurat, banyak web designer menyertakan link ke situs yang dapat diklik peta, terutama untuk skala besar situs menggunakan desain in.



Perancangan Web
            Dalam merancang sebuah web sendiri tanpa bantuan jasa pembuat website dibutuhkan lebih dari sekedar ide dan software web editor yang baik. Samping harus menyediakan menu pilihan untuk penggunaan dengan struktur yang jelas, tata-letak dan teknik yang digunakan juga harus harmonis. Dengan demikian, pertama harus dibuat sebuah perencanaan yang matang untuk menghasilkan sebuah web yang baik. Mulai dari pribadi atau komersil, menguntungkan atau tidak menguntungkan, namun demikian dalam perencanaan dan perancangan sebuah web bila kita membuat web pribadi jika terdapat kesalahan kecil dapat ditolerin, tidak demikian dengan web perusahaan, karena tujuannya adalah menarik sebanyak mungkin pelanggan. Dengan demikian kita dapat melakukannnya tahap-demi tahap.
Memilih Alamat ( Domain )
            Tahap ini memang tidak selalu harus dilakukan dalam tahap pertama tetapi harus di pertimbangkan alamat apa yang akan di gunakan oleh web yang akan anda buat. usahakan untuk segera membeli sebuah domain yang diinginkan. Jangan sampai web anda selesai dengan bagus, tetapi domain yang anda inginkan sudah dipakai oleh pihak lain.
Memilih Hosting
            Hosting adalah tempat dimana anda meng-host atau menyimpan file web yang anda buat. Tentukan apakah anda ingin membeli ruang hosting ataukah akan memebuat serve webs anda sendiri. Jika anda memilih meng-hosting file web anda, maka pilih penyedia hosting yang tidak lagi di ragukan kehandalannya atau anda tanyakan kepada kawan dan bisa juga dengan cara searing dengan user lainnya via internet. Jika anda memilih membuat serve web anda sendiri, gunakan aplikasi-aplikasi yang telah handal dan dipercaya kehebatannya untuk di gunakan sebagai serve sebuah web dan anda juga bisa menyewa seorang IT untuk men-setting dan membuat sistem keamanan yang bagus untuk menghindari dari serangan para Hacker.
Membuat Rancangan Yang Benar
            Pertama-tama anda harus jelas menentukan rancangan yang jelas. Siapa yang anda tuju, bagaimana penampilan halaman, sarana dan teknik apa yang anda gunakan, dan anda juga harus sudah memikirkan efek multimedia apa yang anda gunakan untuk mempercantik halaman web anda. Contohnya anda ingin menambahkan animasi, anda dapat menggunakan Macromedia Flash untuk membuatnya.
Merancang Tampilan Website
            Jika anda telah mengerti dengan jelas kearah mana web anda tertuju, sekarang anda tinggal membuat tampilan web anda semenarik mungkin agar pengunjung betah dan sesering mungkin mengunjungi web anda. Biasanya ide kreatif muncul jika kita sesering mungkin browsing untuk melihat-lihat dan mengambil ide kreatif dari pesaing. Jangan meniru, buat variasi lainnya yang lebih menarik. Atau anda juga bisa mendownload template web dari internet secara gratis atau ada juga yang berbayar.
Menguji Sebelum Menghosting
            Beberapa kesalahan pasti akan anda temukan setelah selesai merancang web anda, konsistensi web, pengujian hyperlink, posisi elemen-eleman halaman yang benar pada setiap halaman web harus terus di amati, seperti halnya tampilan secara umum. Anda juga dapat meminta bantuan kepada teman anda untuk mengkoreksi web anda, karena pada umumnya mereka dapat memberikan saran-saran untuk perbaikan web anda. Jika anda ingin agar para pengunjung mendapat penampilan halaman yang sama, anda harus menggunakan pengujian pada browser-browser yang ada. seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla Firefox.
Meng-update Secara Berkala
            Setelah anda berhasil meluncurkan web yang telah anda desaign sendiri tahap demi tahap. maka sudah waktunya anda meng-update sacar berkala agar para pengunjung tidak bosen dan jenuh dengan isi (content) web anda. Lakukan perbaikan secara berkala agar menyempurnakan web anda, tampung semua saran dan kritik para pengunjung untuk mengkoreksi atau memberikan ide-ide kreatif.

1 komentar:

  1. tolong lain kali kalo mau bikin webb, tulisannya jangan sama sama background. gabisa dibaca. makasih.

    BalasHapus